| | 27 September 24
Link Web
Hasil Penilaiaan Webometrics Juli 2010
Lokasi: Home / Berita / Seputar Unikom Center / [Sumber: unikomcenter.com]
Jumat, 23/07/10 | 21:51 WIB
 
Hasil Penilaiaan Webometrics Juli 2010

Sekilas Mengenai Webometrics

 

El Premio Nóbel para Tim Berners Lee
 
 
I.Pendahuluan
Sejak 2004, Peringkat Webometric ini diterbitkan dua kali setahun (Januari dan Juli), oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Mencakup lebih dari 18.000 Institusi Pendidikan Tinggi di seluruh dunia. Kehadiran webometric yang dapat  mengukur aktivitas dan visibilitas dari institusi serta  merupakan indikator yang baik yang berdampak pada prestise Universitas. Pemeringkatan merangkum kinerja global Universitas, memberikan informasi bagi calon mahasiswa dan cendekiawan, dan  mencerminkan komitmen untuk penyebaran pengetahuan ilmiah.
 
Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia. Peringkat Webometric dapat diakses dengan cara mudah, dan terbuka, ada di http://www.webometrics.info/
 
Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometricyang merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking baik internal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.
Pengukuran Webometric hanya menekankan pada publikasi secara elektronik melalui Website, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Adapun kriteria yang digunakan untuk mengukur peringkat Webometric adalah Size, Visibility, Rich file, dan Scholar. Penjabarannya adalah sebagai berikut :
  1. Size (S) atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindek oleh empat mesin pencarian utama yaitu :  Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
  2. Visibility (V) atau Ketertampakan Website, yaitu: jumlah keseluruhan  tautan ekternal yang unik  dan terdeteksi oleh  Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.
  3. Rich Files (R) atau Banyaknya Dokumen, yaitu: banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
  4. Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar. 
 
Metode perhitungan nilai webometric adalah menggunakan rumus:
University Score=  (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)
 
Dalam meranking, webometic melibatkan beberapa search engine antara lain: Google, Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
 
Tabel 1.  Kriteria Penialain World Class University menurut Webometric
 
No.
Kriteria
Definisi
Bobot (%)
1
Size (Ukuran)
Jumlah halaman referensi tentang universitas  dan sivitas akademiknya yang dapat didapatkan melalui mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead
20
2.
Visibility (Ketertampakan)
Jumlah link ekternal yang berkaitan dengan universitas dan seluruh sivitas akademiknya yang dapat diakses melalui mesin pencari di atas.
Visibility bukan berarti hit, tapi jumlah total link yang dibuat oleh situs lain yang menunjuk ke sebuah situs di Unikom.
50
3.
Rich Files (Dokumen)
Ketersediaan dokumen-dokumen dari artikel akademik suatu universitas yang dapat diekstrak dari internet, baik dalam format: Word Document (.doc); Adobe Acrobat (.pdf);  Microsoft Power Point (.ppt) maupun Adobe Postcript (.ps).
15
4.
Scholar (Pakar)
Paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar.
15
Total
100
 
 
 
II.POSISI UNIKOM SAAT INI
Menurut hasil laporan dari Webometric 17 Juli 2010, dari 20000 perguruan tinggi diseluruh dunia yang telah tercatat di Webometric, Unikom telah masuk kedalam kelompok 6000 yaitu pada posisi 5741 perguruan tinggi terbaik dunia yang masuk webometric, ini artinya peringkat unikom naik dan dapat menggeser 664 perguruan tinggi lainnya diseluruh dunia dalam waktu hanya 6 bulan saja.
 
 
 
http://www.webometrics.info/top12000.asp?offset=5700&zoom_highlight=unikom
 
Tabel World Rangking Top 12000 Universitas Bulan Juli 2010.
 
1
 
Sedangkan menurut hasil webometric bulan januari 2010, dari 18000 perguruan tinggi yang telah masuk dalam kategori webometric Unikom masuk dalam kelompok 8000, yaitu pada posisi rangking 6405
Tabel World Rangking Top 8000 Universitas Bulan Januari 2010
 
1
 
 
 
Laporan Webmetric bulan Januari 2010 untuk peringkat Universitas di Indonesia, dari sekitar + 3000 Perguruan Tinggi yang terdaftar di Dikti,  Unikom ada di urutan 46 dari 57 perguruan tinggi yang masuk daftar rangking webometric, sedangkan untuk bulan juli 2010 posisi Unikom masih tetap di urutan 46 dari 140 Universitas di Indonesia yang telah masuk webometric
 
III. Menaikan Rangking Webometric
Beberapa langkah yang dapat  dilakukan oleh Civitas akademika Unikom, Mahasiswa, Dosen dan karyawan untuk meningkatkan Rangking Webometric ini diantaranya adalah:
  1. Hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah di Onlinekan di Internet
  2. Permudah orang lain untuk mendapatkan informasi dari Unikom
  3. Publish or Perish, Nampaknya sekarang sudah bukan zamannya lagi untuk menyembunyikan informasi yang kita punya. Semakin terpublikasikan, justru kita akan semakin berkembang. Semakin disembunyikan (karena berpikir jangan sampai orang lain tahu) maka akan semakin tenggelam.
  4. Pentingnya di-link orang / situs lain. Mau tidak mau, ini harus dengan jalan adanya konten yang bermutu, lalu bisa juga dengan keharusan pada segenap unsur sivitas akademika yang punya blog atau situs untuk me-link ke situs lembaga.
  5. Update selalu website jurusan-jurusan, dan website lainnya, dengan informasi terbaru
  6. Selalu mencantumkan “Unikom”  dan alamat website http://www.unikom.ac.id dalam setiap tulisan yang di Upload atu di publikasikan.
  7. Buat tulisan ataupun artikel-artikel yang banyak diperlukan oleh orang lain, misalnya membuat manual, tutorial, ataupun hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui oleh orang lain
 
Penilaian Webometric ini dilaksanakan setahun 2 kali dan diumumkan pada setiap bulan Januari dan Bulan Juli, untuk itulah kami dari Unikom Center mengajak semua civitas akademika untuk bersama memajukan unikom dengan cara menuliskan ilmu-ilmu ataupun tulisan-tulisan lainnya  melalui blog ataupun melalui fasilitas lainnya yang telah disediakan di unikom.
 
Demikian informasi mengenai Webometric ini saya sampaikan, semoga dibulan Januari 2011 nanti Unikom akan lebih baik lagi.
 
Trimakasih untuk semua yang telah berpartisipasi di kuliahonline, kampus onlineblog unikom, elibrary , website jurusan, labkom, dan semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, semoga kontribusi yang telah anda berikan akan terus memajukan dan menaikan peringkat Unikom di webometric
 
Salam saya,
 
Taryana Suryana
Direktorat ICT & Multimedia
 
Pustaka:
http://infokom.umm.ac.id, Workshop Pelatihan Website,  Ir. Suyatno, M.Si, UMM
http://tomita.web.id/?p=87, Apa itu WEBOMETRIC
 

Facebook Feedback
Berita Lainnya
Berita Terkait