| | 16 Mei 24
Link Web
Kompetisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendukung Penanganan Bencana di Jakarta
Lokasi: Home / Berita / Seputar Unikom Center / [Sumber: bpbd.jakarta.go.id]
Sabtu, 17/05/14 | 05:50 WIB
 
Kompetisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendukung Penanganan Bencana di Jakarta

BPBD Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Global Facility for Disaster Reduction & Recovery (GFDRR)/World Bank, United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UN-OCHA), Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR), Python Indonesia (ID-Python), Forum Pengurangan Risiko Bencana Jakarta (FPRB Jakarta), Badan National Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Komunikasi dan Informasi, Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan DKI Jakarta dan Fujitsu Indonesia akan melaksanakan Kompetisi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mendukung upaya penanggulangan bencana sebagai bagian dariCode for Resilience (www.CodeForResilience.org). Tujuannya untuk membantu mencari solusi berbasis teknologi informasi dan komunikasi guna menjawab tantangan yang terkait dengan penanganan bencana.

Kompetisi dibuka untuk dua kategori

Kategori Khusus Keterampilan Pemrograman Python : Coding untuk Penghitungan Kerusakan dan Kerusakan Paska Banjir

Untuk membantu mempercepat proses penghitungan kerusakan dan kerugian paska banjir di Jakarta, peserta yang mendaftar pada kategori ini diminta secara khusus melakukan coding menggunakan bahasa pemrograman Python (www.python.org) dari desain analisis sistem yang sudah disiapkan oleh panitia. Hasil akhirnya adalah berupa aplikasi yang akan dihubungkan / plug in untuk melakukan operasi penghitungan otomatis nilai kerusakan dan kerugian bencana (Menambahkan Fungsi Perhitungan DaLA dalam InaSAFE). Aplikasi ini diharapkan dapat dijalankan dalam Disaster Information Management System (DIMS) yang digunakan di Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD DKI Jakarta (http://pusdalops.jakarta.go.id/). Hasil akhirnya akan digunakan untuk memperkaya Plugin QGis InaSafe bagian operasi perhitungan nilai kerusakan (Damage) dan kerugian (Loss) pasca Bencana Banjir.

Kategori Umum Inovasi

Dalam kategori ini, peserta diminta untuk mengembangkan aplikasi atau dapat pula menyampaikan hasil karyanya yang bisa digunakan untuk mendukung upaya penanggulangan bencana baik pada tahap pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana. Hasil karya yang dikompetisikan bebas untuk berbagai platform teknologi namun harus mengandung unsur teknologi informasi seperti mobile apps, web based application, social media support, komunikasi dan radio serta inovasi lainnya. Kriteria umum penilaian adalah original hasil karya peserta, memiliki manfaat yang nyata dalam penanggulangan bencana, kreatif dan menarik dalam penampilan serta mudah untuk digunakan masyarakat/relawan/petugas. Sangat disarankan agar aplikasi yang dibuat dapat berinteraksi dengan sistem data yang sudah ada saat ini di BPBD DKI Jakarta.

Informasi Umum & Penjadwalan

  1. Kompetisi diharapkan akan diikuti oleh peserta   secara  perorangan, tanpa batasan umur dan latar belakang  yang memiliki minat  dalam isu kebencanaan dan berdomisili di  sekitar Jabodetabek.
  2. Peminat diharapkan untuk mengirimkan biodata  yang dilengkapi dengan contoh portofolio aplikasi yang pernah dibuat. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 30 April 2014.  Penerimaan biodata  diharapkan paling lambat tanggal 18 Mei 2014 pukul 17.00 WIB (khusus kategori keterampilan Coding)  ditujukan ke email : pusdalopsbpbdjkt@gmail.com dengan menginformasikan kategori yang  diminati. Untuk  kategori inovasi, batas waktu pendaftaran dibuka sampai tanggal 25 Mei 2014.
  3. Pengumuman nama yang terpilih untuk masuk pada tahapan kompetisi  akan diinformasikan melalui surat elektronik langsung kepada peserta dan  website BPBD DKI Jakarta (bpbd.jakarta.go.id)  pada tanggal 20 Mei 2014  untuk kategori keterampilan Coding dan tanggal 27 Mei 2014 untuk kategori  inovasi .
  4. Peserta yang   terpilih untuk masuk dalam kategori khusus Keterampilan Coding Penghitungan Kerusakan dan Kerugian  Paska Banjir diharapkan dapat mengikuti sesi training pada tanggal  23  Mei 2014 di kantor Pusdalops BPBD DKI Jakarta
  5. Pelaksanaaan Coding untuk kategori khusus keterampilan  akan dilaksanakan pada tanggal  24-25 Mei 2014 bertempat di Pusdalops BPBD DKI Jakarta
  6. Untuk kategori inovasi,  akan dilakukan seleksi  berdasarkan biodata dan portofolio. Peserta yang masuk dalam nominasi, akan diminta untuk mempresentasikan karya nya di hadapan para juri yang diketuai oleh Bapak Onno W. Purbo  pada tanggal 28-29  Mei 2014.
  7. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2014 melalui surat elektronik dan website BPBD DKI Jakarta
  8. Dari masing-masing kategori akan dipilih  tiga pemenang. Pemenang pertama  akan  diundang  dan dibiayai untuk  hadir pada  The 6th  Asia Ministerial Conference for Disaster Risk Reduction (http://6thamcdrr-thailand.net/6thamcdrr/About-AMCDRR)  di Bangkok pada tanggal 22-26 Juni 2014. Pemenang akan diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya pada side event dalam forum tersebut.  Selain itu, ketiga  pemenang akan  mendapatkan hadiah. Total nilai hadiah adalah 25 Juta Rupiah.
  9. Seluruh peserta yang  masuk dalam tahapan seleksi akan mendapatkan paket  merchandise dari BPBD DKI Jakarta.
  10. BPBD DKI Jakarta  memiliki hak untuk mempublikasikan dan menggunakan hasil karya pemenang kategori umum inovasi,  untuk tujuan yang terkait dengan upaya  penanggulangan bencana.
  11. Pertanyaan lebih lanjut mengenai kompetisi, ditujukan  ke pusdalopsbpbdjkt@gmail.com

Bagi yang berminat sila daftar disini


Facebook Feedback
Berita Lainnya
Berita Terkait
Tidak terdapat berita terkait...