Uang Bukanlah Segalanya, Tapi Segalanya Perlu Uang..

Seminar OSS 1

SEMINAR OPEN SOURCE SOFTWARE 1

http://www.informatika.lipi.go.id/seminar2006/
Bertempat di Pusat Penelitian Informatika LIPI Bandung, saya mendapat kesempatan untuk menjadi pemakalah dalam seminar Nasional OSS yang pertama ini, acara ini berlangsung pada tanggal 8 Agustus 2006, dan direncanakan akan diteruskan menjadi acara rutin tahunan seminar OSS di LIPI.

Sekilas Info 

Sebagai salah satu bentuk komitmen pada usaha mewujudkan kemandirian bangsa di bidang teknologi, Pusat Penelitian Informatika LIPI mengadakan seminar nasional disertai call of paper dengan tema “Strategi Pemasyarakatan Open Source Software di Indonesia” pada tanggal 08 Agustus 2006. Seminar yang dihadri kurang lebih 100 orang ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala LIPI Prof. Lukman Hakim, yang pada kesempatan itu juga menyampaikan betapa pentingnya pengembangan dan pemsyarakatan open source software demi kemajuan dan kemandirian bangsa. Tampil sebagai pembicara kunci, berturut-turut Dr. Richard Mengko, Staf Ahli Meristek RI Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mengungkapkan pentingnya pemerintah mengakomodasi dua jenis perangkat-lunak, baik yang dilindungi hak cipta atau pun yang open source.
Pertentangan antara kedua jenis perangkat-lunak ini tidak perlu diteruskan dan dibesar-besarkan, karena keduanya mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing. Pembicara selanjutnya, Dr. Richardus Eko Indrajit menilai pentingnya memilih pasar bagi open source software, karena tidak semua pasar potensial bagi penegmbangan open source software. Bidang-bidang yang menurutnya layak menjadi pangsa pasar antara lain, pendidikan, pelayanan kesehatan, industri servis, dan sebagainya. Namun untuk industri-industri besar, yang mengutamakan kehandalan sistem, masih ragu bergantung sepenuhnya pada open source software.
Hal ini juga dikuatkan oleh pembicara kedua, Rusmanto Maryanto, seorang praktisi Linux, bahwa sistem berbasis open source software masih menjajikan peluang kerja dan bisnis yang cukup besar di Indonesia. Hasil karya bangsa Indonesia pun, layak disejajarkan dengan komunitas open source internasional seperti BlankOn, IGOS Desktop, Komura, Pinux, Winbi, dan sebagainya. Sesi selanjutnya diisi dengan penyampaian sebanyak kurang lebih 30 makalah bertema open source dari kalangan peneiliti, akademisi, dan praktisi seluruh Indonesia.
Pada akhir acara, ketua panitia seminar, Esa Prakasa, MT mengumumkan 4 penyaji makalah terbaik berdasarkan pilihan peserta. Keempat pemakalah tersebut adalah, Taryana Suryana (Unikom Bandung), Liem Inggriani (ITB), Yuliadi Erdani (Polman Bandung), dan Izbat Uzzin Nadhori (Poltek Elektronika ITS). Kepala Pusat Penelitian Informatika, Tigor Nauli di akhir penutupan acara menyampaikan apresiasinya kepada para pemakalah dan peserta seminar, serta mencanangkan kelanjutan seminar dengan tema yang lebih luas yaitu open technology di masa yang akan datang. Mengutip apa yang disampaikan Richard Mengko, di awal acara, semoga kegiatan seminar ini bisa menjadi awal mula pemsyarakatan open source software di Indonesia demi kemajuan dan kemandirian bangsa.
0608
0910
1220

XHTML™ CSS-2
This page was viewed 637798 times 52472 Users Online.