FRN

FRN (Free Radio Network)

 

FRN adalah layanan Voice over Internet Protocol (VOIP) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh FRN Freenetwork, hampir sama dengan eQSO, Gateways VOIP yang  terhubung dengan jaringan FRN, dapat memberikan jangkauan komunikasi yang luas dengan menggunakan alat komunikasi baik smartphome maupun radio komunikasi (ht).

Gateway FRN menggunakan perangkat lunak FRN Client dan terhubung ke server FRN. Sekelompok gateway yang terhubung pada jaringan yang berbeda dapat aktif pada satu server. Semua orang dalam kisaran gateway dapat berkomunikasi dengan orang lain di negara atau kota lain, hanya dengan memilih saluran  atau room yang diinginkan.

 

server : eqsoindonesia.net

Port : 10025

Net : Indonesia

 

Untuk di PC 

Software bisa didownload di http://www.freeradionetwork.eu/

- seting dan instalasi untuk pc (versi google translate) 

Mengambil langkah-langkah berikut untuk mengatur stasiun FRN Anda

LANGKAH 1: Download 
Unduh FRN Client di sini . 

LANGKAH 2Instal FRN client 
Instal program ini

LANGKAH 3: Kabel Audio / interface 
Jika menggunakan program di PC Hanya modusmenghubungkan mikrofon ke inputmikrofon pada kartu suara anda
Jika Anda ingin mengatur gatewaymembuat kabel audio untuk menghubungkan outputspeaker / headset PMR untuk line-in pada kartu suara dan untuk menghubungkan kartu suara untuk Mi.-input PMR ituSilahkan lihat di sini untuk informasi lebih lanjut tentangantarmuka iniAnda tidak harus menggunakan port comtapi memasukkan rig denganport com bekerja jauh lebih baikJika port com tidak digunakanmengganti PMR ke mode VOX

LANGKAH 4Membuat akun 
Jika menggunakan FRN Klien pertama kalinyaakun harus dibuatJalankan programdan klik pada 'Setting -> Identifikasi'. Suatu bentuk (Identification) akan ditampilkanyang harus diisi.

Untuk ' PC hanya mode' pilih ' PC pengguna ' .
Untuk gateway pilih ' Gateway ' . Yang digunakan Band , saluran dan sistem memadamkan harus dipilih . Kebanyakan gateway memanfaatkan channel 5 , 6 atau 7 dengan CTCSS 20 .
Anda tidak tahu password belum, sehingga meninggalkan ' Password' kosong untuk saat ini . Sekarang klik ' Dapatkan Password' . Sebuah e -mail akan dikirim ke alamat yang Anda telah terisi Dalam surat ini sandi Anda diberikan . Isi password ini di ' Password' lapangan dan dari klik OK . Anda akan selalu dapat mengubah pengaturan ' Identifikasi ' dengan ' Setting - > Identifikasi ' . ( Disconnect Pertama )

PERHATIAN : Jika Anda off -line selama beberapa bulan , account Anda dapat dihapus .Dalam hal ini Anda tidak dapat terhubung ke server apapun . Jika Anda klik pada ' Dapatkan Password' , akun Anda akan dibuat lagi , dan Anda akan mendapatkan password baru. Setelah Anda mengisi password baru , Anda akan memiliki akses ke FRN lagi .

Dalam kasus Anda tidak mendapatkan akses sama sekali , periksa apakah Anda menggunakan versi FRN Client terbaru dan jika server Anda ingin menghubungkan adalah on-line . Anda dapat memeriksa bahwa dengan ' View -> System Explorer ' dan di website ini .

LANGKAH 5Antarmuka 
'PC hanya pengguna tidak perlu melakukan langkah ini
Ketik 'Testdalam bidang 'Net' dan klik 'Connect'. 
Pergi ke 'Settings -Antarmuka'.
Dalam ' pandangan Antarmuka ' Anda menentukan bagaimana program dan gateway - PMR harus bereaksi satu sama lain .
PC ke Radio : Jika PMR tidak didorong oleh port com , pilih ' Gunakan VOX di radio ' .Dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa VOX di PMR diaktifkan . Tergantung pada PMR dan kartu suara VOX di PMR bisa mengganggu transmisi pada saat-saat diam selama lebih . Metode yang lebih baik untuk pergi ke rig menggunakan port COM Jika Anda memiliki antarmuka port com untuk mengemudi PMR , maka Anda pilih ' Gunakan COM -port ' . Dalam hal ini Anda perlu menentukan mana pin yang digunakan, RTS / DTR . Tinggi aktif berarti bahwa RTS / DTR memiliki tegangan tinggi ketika PMR harus mengirimkan dan aktif rendah berarti bahwa RTS / DTR rendah ketika PMR harus mengirimkan .
Radio Untuk PC : Pengaturan ini untuk mengemudi FRN oleh PMR .
Pilih port com di mana antarmuka port com terhubung ke .
The Memadamkan Settling Time adalah waktu perangkat lunak tidak mengirimkan audio ke internet setelah PMR beralih dari mengirimkan untuk menerima . Pada saat itu sinyal pendek berasal dari output PMR speaker . Hal ini dapat menyebabkan memantul dari sistem . Pasang Memadamkan Pembenahan pada 1500 ms untuk memulai dengan . Kemudian Anda dapat mencoba untuk dekrit saat ini.
The Courtesy Delay adalah waktu dalam milidetik antara akhir sebuah over pada saluran lokal dan awal roger - bip . Kali ini harus sesingkat mungkin, tetapi cukup lama untuk membuka memadamkan portables menggunakan gateway .
Setelah al pengaturan yang dibuat , pandangan ini dapat ditutup dengan 'OK' .
Hanya mode PCPilih mikrofon sebagai perangkat rekamanTahan tombol PTTBicarake mikrofonVU meter kiri harus bergerak sekarangSesuaikan Microphone dengan menggeser trek atas atau bawahPuncak dari sinyal harus naik hanya di bawahmaksimum

Untuk gatewayPilih baris masukan sebagai perangkat rekamanMengatur volumePMR tidak menurunkan 1/4 dan tidak lebih tinggi dari 1/2 dari maksimalMengirimkandengan PMR kedua. VU meter kiri harus bergerak sekarangSesuaikan baris masukandengan menggeser trek naik atau turun dan dengan mengubah volume PMR gerbang.Puncak dari sinyal harus naik hanya di bawah maksimum

LANGKAH 7Volume control 
Membuat koneksi dengan jaring yang klien lain yang on-linePilih perangkat pemutaranyang digunakan dalam tampilan struktur pohon
Untuk gatewayvolume harus disesuaikan dari modulasi yang baiktidak lembuttidak kerasGunakan PMR kedua untuk memantau modulasiModulasi dapat disesuaikandengan 'Volume' dan bar slide 'Gelombang'.

Lebih detail silahkan klik disini 

Panduan setting di PC untuk Gateway

 

Untuk di HP : 

Untuk smartphone android download aplikasi di http://goo.gl/PMjek


sebelum install cek dulu ke menu hp, settings, Applications, terus centang unknown sources, ok.

kemudian install aplikasinya kalau sudah terinstal silahkan ikuti langkah selanjutnya

isi data-data berikut 

Server addres : eqsoindonesia.net:10025
Default channel : Indonesia
Callsign : diisi callsign masing2
Name : diisi nama
Email address : diisi email yg aktif
Client type : disesuaikan( waktu uji coba sy pakai PC Only)
Initial status : disesuaikan (sy pakai availabe)
City : diisi nama kota
Location QTH locator : diisi locator dimana anda tinggal
Nation : diisi nama negara
Description : diisi coment atau dibiarkan default
Password : diisi password yg telah dikasih dari FRN 

 

Good Luck 

 

Berita TerbaruLainnya »

Aspek Legalitas Pamanfaatan Teknologi Radio Over Internet Protocol (ROIP) dalam Penyelenggaraan Radio Amatir dan KRAP

25 Des 2015 - 07:04 · Aspek Legalitas Penggunaan ROIP di Indonesia sudah lama menjadi Perbincangan, walaupun Teknologi...