Ijin Amatir Radio

Kegiatan amatir  radio menurut  Radio Regulations  ITU (Article  S1.56) adalah :
kegiatan   komunikasi  radio   untuk  tujuan   melatih  diri   sendiri,  saling berkomunikasi  dan  penelitian teknis  yang  dilakukan oleh  para  amatir, yaitu mereka yang patut mendapat ijin dan berminat dalam teknik radio yang semata-mata untuk tujuan pribadi dan tanpa tujuan komersial.

Pengoperasian stasiun radio amatir memerlukan Ijin Amatir Radio yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi. Ijin amatir radio terdiri  dari 4 tingkat yaitu : Pemula, Siaga, Penggalang dan Penegak.

Untuk mendapatkan ijin,  operator harus mengikuti  dan lulus ujian  amatir radio yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Postel.

Callsign atau nama panggilan diberikan kepada setiap stasiun radio amatir selama masa berlakunya ijin, dan tidak ada  yang mempunyai nama sama di seluruh  dunia.
Callsign amatir radio di Indonesia terdiri dari: dua huruf (YB, YC, YD, YE,  YF, YG atau YH) yang disebut prefix menunjukkan kelas stasiun, kemudian sebuah angka (0 sampai 9)  yang disebut call-area  menunjukkan letak geografis  dan terakhir, satu sampai tiga  huruf yang disebut  suffix (untuk call-area  yang terdiri dari beberapa propinsi dapat menunjukkan lokasi propinsinya).

Organisasi Amatir Radio Indonesia  (ORARI)  adalah  wadah  dari  kegiatan  amatir  radio  di  Indonesia,
didirikan pada tanggal 9 Juli 1968. Organisasi terdiri 3 tingkatan yaitu : ORARI Pusat (Nasional), ORARI Daerah (tingkat Propinsi) dan ORARI Lokal. ORARI  adalah anggota  dari The  International Amateur  Radio Union  (IARU). Untuk  keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Sekretariat ORARI di daerah tempat anda tinggal.

Amatir radio asing  yang ingin memperoleh  Ijin Amatir Radio  di Indonesia harus mempunyai ijin tinggal  atau ijin menetap  sementara di Indonesia  dan telah ada perjanjian  timbal  balik  antara  negara  yang  bersangkutan  dengan Indonesia.


Tingkat Ijin  Amatir Radio  disesuaikan dengan  tingkat dari  negara asalnya dan berlaku selama 1 (satu) tahun.  Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan  hubungi Sekretariat Jenderal ORARI Pusat. 

Berita TerbaruLainnya »

Aspek Legalitas Pamanfaatan Teknologi Radio Over Internet Protocol (ROIP) dalam Penyelenggaraan Radio Amatir dan KRAP

25 Des 2015 - 07:04 · Aspek Legalitas Penggunaan ROIP di Indonesia sudah lama menjadi Perbincangan, walaupun Teknologi...