Welcome to YC1JEA Website
Welcome to YD1JEA Website


Manual Instalasi dan Penggunaan

Manual Instalasi dan Penggunaan iQSO 2009

Oleh:

YD1JEA

taryanarx@yahoo.com http://sms.unikom.ac.id/taryana/

MAKLUMAT


Mengikuti perkembangan teknologi komunikasi Amatir Radio di Indonesia dan kebutuhan akan pemanfaatan kemajuan penemuan Amatir Radio bagi amatir radio sendiri dan masyarakat pada umumnya, bersama ini Administrator Orari dot Net menyampaikan maklumat sebagai berikut :

  1. Aplikasi iQSO Indonesia 2009 saat ini sudah dapat didownload melalui website eqso.orari.net terhitung mulai Sabtu 3 Mei 2008.
  2. Buka dan jalankan aplikasi iQSO ini di komputer Anda
  3. Aplikasi lama saat ini untuk sementara masih dapat dipergunakan.
  4. Aplikasi iQSO Indonesia 2009 ini disamping untuk komunikasi suara sebagaimana eQSO, telah dilengkapi dengan komunikasi teks yang secara aktif
    sudah dapat dipergunakan. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi komunikasi video, akan tetapi masih belum sepenuhnya dapat dipergunakan.
  5. Versi up-grade iQSO Indonesia 2009 akan tersedia di iqso.orari.net (eqso.orari.net sudah ditutup) akan di release pada tanggal 10 September
    2008 agar aplikasi iQSO dapat dipergunakan secara sempurna.
  6. Pada 31 Oktober 2008, bertepatan dengan Hari Jadi Orari dot Net ke 10, iQSO Indonesia 2009 akan dapat secara lengkap dipergunakan untuk
    komunikasi suara, komunikasi teks dan komunikasi video. Untuk pertama kali  versi lengkap karya anak bangsa ini akan dipergunakan dalam Nusantara Net
    tanggal 31 Oktober 2008 tersebut.
  7. Mulai 31 Oktober 2008, semua Amatir Radio pengguna iQSO diharapkan sudah mulai mendaftarkan identitasnya melalui sms ke nomor HP khusus dengan
    tata cara yg akan ditentukan kemudian.
  8. Mulai 1 Januari 2009, pengguna iQSO Indonesia 2009 hanyalah mereka yang sudah terdaftar. Aplikasi lain manapun tidak akan dapat dijalankan di
    server ini dan aplikasi iQSO yang belum didaftarkan juga tidak dapat dipergunakan.

    Kemajuan teknologi adalah bukan hanya untuk, dari dan milik seseorang atau sekelompok orang saja. Dan setiap pelarangan terhadap kemajuan teknologi adalah sikap yang akan mematikan kreativitas dan menghambat perkembangan kemajuan bangsa Indonesia.

    Bandung, 3 Mei 2008

    Koordinator Nasional
    Orari dot Net

    Rahmat Ismail - yb0eo

May 3rd, 2008 Arman Yusuf

Rekan,

Kami ingin mengumumkan bahwa iQSO Indonesia 2009 telah terbit. Sistem ini adalah perwujudan program berkelanjutan dari eQSO Indonesia 2007, eQSO Indonesia 2005 serta Repeater Phone Internasional di tahun-tahun sebelumnya. Angka 2009 menunjukkan tahun di mana server akan efektif menerapkan sistem baru.

iQSO adalah kepanjangan dari “Integrated QSO”, di mana di sistem ini pengguna memungkinkan untuk berkomunikasi menggunakan mode:

Voice
Layanan mode voice, mirip dengan layanan sebelumnya di eQSO Indonesia 2007, kecuali program yang digunakan lebih baik serta lebih sederhana. Selama kurun waktu 2008 ini, aplikasi M0ZPD standar tetap dapat mengakses sistem, namun di masa mendatang koneksi dari versi selain ini akan ditutup.

Teks
Layanan mode teks terhubung dengan jaringan Amateur Radio Worldwide Chat berbasis JNOS/packet radio yang dapat juga dapat dihubungi dari delivery-channel lainnya (misalnya telepon seluler menggunakan aplikasi MIDP2.0 uTelnet). Saat ini koneksinya sudah terhubung dengan channel di mancanegara. Bagi yang koneksi Internetnya tidak terlalu bagus, ada baiknya menggunakan mode ini karena bandwidth yang dibutuhkan sangat rendah. Aplikasi ini kompatibel dengan program WWC Client lainnya.

Video
Layanan mode video sedang dikembangkan, Anda dapat mendownload updatenya sekitar Agustus 2008. Nantinya, dengan aplikasi khusus, broadcast video dari kegiatan amatir radio (hamfest, net, diskusi, meeting) dapat disaksikan menggunakan client ini. Dengan demikian, setiap kegiatan dapat dikontak melalui mode voice, teks mau pun video — di titik inilah cita-cita “Integrated QSO” akan terwujud secara utuh.

Saat ini sistem masih ‘open’ namun di masa mendatang mungkin akan memerlukan registrasi. Proses registrasi diniatkan menggunakan SMS sehingga proses verifikasi diharapkan dapat terjadi sekejap tanpa perlu menunggu terlalu lama. Lid-operator atau lid-SWL (pengguna yang nakal) akan diblokir oleh admin sesuai account saat registrasi. Ini akan meredam penggunaan sistem secara serampangan.

Administrasi server dikelola oleh yc1lz, yd1srp, yb8ew, yg5ytz dan yb6ag. Para admin memiliki komitmen untuk menjaga server sebaik mungkin, namun bila saat terjadi gangguan para admin tidak ditempat, Anda dapat mengontak ybs dengan berbagai cara yang memungkinkan (SMS, email, YM) yang akan diberitahu kemudian. Admin hanya memblokir pengguna yang menggunakan sistem secara serampangan (misal: SWL TX di room selain SWL, stasiun di-jammed, spurious transmission, tail chase yang mengganggu, dlsb). Koneksi yang diblokir dapat dipulihkan setelah gangguan hilang, atau yang bersangkutan menunjukkan komitmen untuk menggunakan sistem secara bijaksana.

Secara perlahan-lahan domain akan berpindah ke http://iqso.orari.net/ — saat transisi ini sistem masih dapat dikoneksi dengan domain http://eqso.orari.net/, http://eqso.orari.or.id/ serta http://backup.eqso.orari.net/.

Kepada admin server backup eQSO Indonesia 2007, atau pihak lain yang ingin membangun jaringan pendukung dapat menghubungi saya untuk memperoleh upgrade aplikasi “iQSO Indonesia 2009 :: Server” secara gratis sekitar awal Juni 2008. Sistem baru bekerja secara “distributed”, sehingga user konek dari server mana pun, semua user dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Download: http://arman.in/iQSOv503.zip (URL sementara karena belum berhasil upload ke eqso.orari.net)

Selamat mencoba. Komentar dan saran tetap ditunggu di eqso-indonesia@yahoogroups.com

Arman.


 

 

A. Panduan Download dan Instalasi

Pertama silahkan anda download software  iQSO 2009 http://arman.in/iQSOv503.zip (URL sementara karena belum berhasil upload ke eqso.orari.net)

Atau mirror di website saya http://222.124.203.57/taryana/download/iqso/, setelah anda mendapatkan software ini dalam bentuk zip file sebesai  188 kb, silahkan extract ke drive atau fólder yang anda inginkan:

Caranya:

Dengan menggunakan Windows Explorer, click kanan pada file iQSOv503.zip, lihat gambar berikut:

 

Gambar 1. Extract file iQSOv503.zip

  

Setelah di unzip atau di extract,  masih dengan Windows Explorer silahkan anda masuk ke Folder iQSOv503,

Gambar 2. Isi folder iQSOv503

Di Folder ini akan terdapat 14 buah file yang sudah berhasil di extract.

Gambar 3. Membuat Shorcut

Karena Software iQSOv503 ini masih belum ada fasilitas otomatis membuat shortcut,  maka anda harus membuatnya manual, caranya adalah:

1. Dari gambar 3 diatas, click mouse kanan pada file

2. Kemudian pilih menu  Send To, Desktop (create shortcut).

3. Keluar dari Windows Explorer, seharusnya di desktop sudah ada shortcut seperti berikut:

Gambar 4. Shortcut iQSOv503

B. Menjalankan iQSO Indonesia 2009 – PC-Client

Untuk menjalankannya, tinggal double click saja . Shortcut iQSOv503, selanjutnya akan ditampilkan jendela seperti berikut:

Gambar 5. Mengisi informasi yang diperlukan

 

 

 

Masukan informasi mengenai

Server: iqso.orari.net

Callsign:YD1JEA

Kanal Pilihan:NSTARA.NET

Dan Informasi Stasiun:Taryana,Bandung

Selanjutnya Click tombol Login.

Gambar 6. Koneksi ke Server berhasil dilakukan

Jika dilayar iQSO anda tampil seperti gambar 6 diatas, berarti instalasi dan koneksi stasiun anda telah berhasil dilakukan, anda tinggal mencoba melakukan komunikasi, dengan cara pertama dengarkan dulu, baru jika ada kesempatan untuk masuk, silahkan anda masuk dengan menekan, tombol PTT Manual

 

C. Menjalankan iQSO Indonesia 2009 – Sebagai Gateway

Jika anda ingin mengoperasikan iQSO 2009 sebagai gateway, berikutnya yang harus anda lakukan adalah:

1.       ClickTombol PTT Keyer, untuk mengatur setting Serial Port yang terhubung ke Interface,

Gambar 7. PTT keyer dan Pengaturan Sequelch

 

a.       Pilih Serial Port yang anda gunakan, Com1 atau Com2,

b.       Vox diaktifkan

c.       RTS/7 Diaktifkan

Kemudian Click Tombol Simpan, untuk menyimpan setting PTT Keyer kedalam konfigurasi iQSO Indonesia 2009.

2.       Jangan lupa, jack Speaker dari Radio disambungkan ke Line Input Komputer Anda.

3.       Kemudian Mic Komputer Anda di Matikan saja,

Gambar 8. Jendela Utama iQSO Indonesia 2009

4.       Line in untuk Recording diaktifkan, di Volume Control Komputer Anda

Gambar 9. Jendela Volume Control Komputer.

 

D. Rangkaian PTT Keyer

PTT Keyer ini berguna sebagai Interface antara komputer dengan radio, yang disambungkan melalui port Serial

 

Gambar 10. Rangkaian PTT Keyer

 

Selamat menggunakan iQSO Indonesia 2009.

73, de yd1jea

 

Disusun Oleh © 2014
by YC1JEA

Visitor : 65458 Ada 391 Pengunjung Online Pengunjung Online
Repository Blog Unikom Kuliah Online