Uang Bukanlah Segalanya, Tapi Segalanya Perlu Uang..

Jurnal / Pendidikan / Detail

PERAN INSTRUKTUR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR PELATIHAN KETERAMPILAN BUDIDAYA TANAMAN CABE PAPRIKA

PERAN INSTRUKTUR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR PELATIHAN KETERAMPILAN BUDIDAYA TANAMAN CABE PAPRIKA ( Studi Deskriptif di Kejar Paket B PKBM Yayasan Amal Keluarga Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung )

Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah peran instruktur dalam menumbuhkan motivasi warga belajar pada pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika di PKBM Yayasan Amal Keluarga Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung. Adapun tujuan penelitian ini meliputi : 1) Untuk memperoleh gambaran tentang peran instruktur dalam menumbuhkan motivasi warga belajar pada pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika, 2) Untuk memperoleh gambaran tentang proses pembelajaran pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika, 3) Untuk memperoleh gambaran tentang motivasi warga belajar dalam pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika. Sedangkan konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Konsep Instruktur, Konsep Pembelajaran, Konsep Motivasi, Konsep Pelatihan, dan Konsep Pendidikan Luar Sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, alat dan teknik pengumpul data yang dipergunakan adalah angket, wawancara, observasi, studi literatur dan studi dokumentasi. Dengan sampel penelitian sebanyak 21 orang dari populasi 21 orang warga belajar kejar paket B yang mengikuti pelatihan keterampilan budidaya tanamn cabe paprika. Dari hasil penelitian maka diperoleh: 1) Gambaran tentang peran instruktur dalam menumbuhkan motivasi warga belajar pada pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika. Dari Uraian hasil analisis dapat ditarik kesimpulan peran yang dilakukan instruktur dalam pelatihan keterampilan budiaya tanaman cabe paprika yaitu sebagai pelatih keterampilan, konselor, motivator dan fasilitator. 2) Gambaran tentang proses pembelajaran pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika berdasarkan tujuan program, materi, metode, media pembelajaran, pendidik, kelompok belajar, dan evaluasi. Dari hasil analisis bahwa proses pembelajarannya mengacu pada PLS di lihat dari komponen tujuan, materi, metode dan teknik. Namun tidak semua metode dan teknik PLS digunakan. 3) Gambaran tentang motivasi warga belajar berdasarkan durasi kegiatan, frekuensi kegiatan, persistensi, keuletan, devosi, aspirasi, prestasi, dan arah sikap terhadap kegiatan. Dari hasil analisis mengungkapkan bahwa motivasi warga belajar dalam mengikuti pelatihan cukup baik Namun kehadiran warga belajar relatif tidak konsisten dalam setiap pertemuannya. Dari pembahasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa peran instruktur dalam pelatihan keterampilan cabe paprika yaitu menumbuhkan dan mempertahakan motivasi warga belajar yang sudah mulai membaik. Proses pembelajaran dalam pelatihan keterampilan budidaya tanaman cabe paprika memakai metode dan teknik PLS dalam pembelajarannya. Serta motivasi warga belajar cenderung baik ditunjukan dengan selalu mempelajari materi yang telah diberikan.

Informasi Pendukung
Ringkasan :
Pengirim :
User taryanarx
taryana suryana
Email taryanarx@yahoo.com
File Pendukung:
Mohon Login terlebih dahulu!
Tidak ada Attachment
Lokasi :
Pengarang :HADYAN, Ihwan > Cari di Google
Sumber :Internet
URL Sumber :http://digilib.upi.edu/union/index.php/record/view/5454
Jadwal :
XHTML™ CSS-2